Thursday, May 1, 2008

Kamus Istilah Fotografi 001: ALIASING dan ANTI-ALIASING

Ditulis oleh: Eki Qushay Akhwan

Kawan-kawan:
Mulai Bulan Mei 2008 ini, setiap minggu JAGAT FOTOGRAFI akan membahas istilah-istilah yang sering dipakai dalam fotografi dalam rubrik KAMUS ISTILAH FOTOGRAFI. Mudah-mudahan pembahasan ini akan membantu kawan-kawan memahami dengan lebih baik konsep-konsep yang terkandung dalam istilah-istilah fotografi. Untuk minggu pertama bulan Mei 2008 ini, istilah yang akan dibahas adalah "aliasing" dan "anti-aliasing".

Aliasing (FD - Fotografi Digital)
Untuk memahami istilah aliasing, coba buka file foto yang mengandung garis diagonal atau objek yang berbentuk lingkaran dan perbesar foto itu. Pada titik perbesaran tertentu, kita akan mulai melihat gerigi di tepian garis diagonal atau objek berbentuk lingkaran itu. Garis diagonal atau pinggiran objek berbentuk lingkaran yang semula mulus, kini mulai tampak bergerigi. Fenomena inilah yang dalam fotografi digital disebut sebagai aliasing. Aliasing biasanya juga muncul/terlihat pada gambar/foto yang diambil dengan kamera beresolusi rendah. Lihal contoh foto berikut:



Jadi, aliasing adalah istilah yang mengacu pada femomena munculnya gerigi-gerigi pada garis diagonal atau tepian objek yang berbentuk lingkaran dalam foto digital. Gerigi-gerigi itu muncul karena piksel yang menyusun/membentuk gambar digital sebenarnya berbentuk kotak dan, seperti kita tahu, kita tidak mungkin membuat garis diagonal atau lingkaran bertepian mulus dengan bahan dasar kotak.

Anti-aliasing (FD - Fotografi Digital)
Anti-aliasing tentu punya arti sebaliknya dari aliasing. Tegasnya, anti-aliasing adalah upaya yang dilakukan untuk membuat gerigi di tepian garis diagonal atau objek yang berbentuk lingkaran itu menjadi tampak mulus. Semua kamera digital dilengkapi fasilitas anti-aliasing. Demikian juga perangkat lunak pengolah foto. Selain itu, aliasing juga dapat dihilangkan dengan filter yang khusus didesain untuk itu.

No comments:

© Copyrights
Unless otherwise stated, the articles and photos in this blog are the copyright property of Eki Qushay Akhwan. All rights reserved. You may NOT republish any of them in any forms without prior permission in writing from Eki Qushay Akhwan.

Kecuali disebutkan secara khusus, hak cipta atas tulisan dan karya foto di dalam blog ini ada pada Eki Qushay Akhwan. Dilarang mempublikasi ulang artikel dan/atau karya foto di dalam blog ini dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari Eki Qushay Akhwan.