Tuesday, April 22, 2008

Henri Cartier-Bresson: Cerita Foto

Dikutip dan diterjemahkan oleh: Eki Qushay Akhwan

Apa sebenarnya reportase fotografis/cerita foto itu? Kadangkala ada sebuah foto unik yang komposisinya memiliki semangat kehidupan dan kaya, yang isinya memancar keluar dari dalamnya, foto tunggal yang menjadi keseluruhan cerita itu sendiri. Tapi hal itu jarang terjadi. Elemen-elemen yang secara bersama-sama dapat memantikkan percikan api dari suatu subjek seringkali terpencar-pencar dalam ruang dan waktu, dan menyatukan elemen-elemen itu secara paksa adalah “manajemen panggung,” yang, menurut saya, dibuat-buat. Namun jika kita bisa membuat gambar “inti” yang sekaligus memercikkan api dari subjeknya, maka itulah cerita foto. Halamanlah yang berfungsi menyatukan kembali elemen-elemen yang saling melengkapi yang tersebar di beberapa foto.

Cerita foto melibatkan kerja sama otak, mata, dan hati. Tujuan dari kerja sama ini adalah menggambarkan inti dari suatu kejadian yang sedang berlangsung, dan mengomunikasikan kesan. Kadangkala suatu kejadian terlalu kaya isi dan faset-fasetnya sehingga kita perlu bergerak mengitarinya untuk mencari solusi atas masalah-masalah yang disodorkannya – dunia ini bergerak; oleh karena itu, kita tidak bisa bersikap diam saja menghadapi sesuatu yang bergerak. Kadang-kadang kita mendapatkan foto seperti itu hanya dalam hitungan detik; namun bisa jadi perlu berjam-jam atau berhari-hari. Tidak ada rencana pasti, tidak ada pola yang bisa dijadikan dasar untuk berkarya. Kita harus selalu siaga dengan otak, mata, dan hati, dan memiliki kelenturan tubuh.

Sumber:
Cartier-Bresson, Henri. The Mind's Eye: Writings on Photography and Photographers (New York: Aperture, 1998)

No comments:

© Copyrights
Unless otherwise stated, the articles and photos in this blog are the copyright property of Eki Qushay Akhwan. All rights reserved. You may NOT republish any of them in any forms without prior permission in writing from Eki Qushay Akhwan.

Kecuali disebutkan secara khusus, hak cipta atas tulisan dan karya foto di dalam blog ini ada pada Eki Qushay Akhwan. Dilarang mempublikasi ulang artikel dan/atau karya foto di dalam blog ini dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari Eki Qushay Akhwan.